Kamis, 31 Oktober 2013

Tutorial membuat mail merge pada Ms Word

Format cells dan Mail Merge

1.    Format cells
a.    Open Ms Excel


b.   Tuliskan nama dan NIM teman anda. Dengan urutan 5 NIM diatas anda dan 5 NIM dibawah anda.
c.   Bila setelah anda menulis tetapi NIM teman anda tidak terlihat, maka anda harus melakukan:
Ø   Klik kanan pada cell atau pada kolom tempat anda menuliskan NIM teman anda.
Ø   Pilih Format cells maka, akan muncul gambar seperti ini :

Ø  Pilih Number, lalu pada pilihan yang berisi general, number dll pilihlah number.
Ø  Setelah itu akan muncul tampilan seperti ini :

Ø  Lalu klik Ok pada kolom ok
Ø  Kemudian ketikkan NIM teman anda
d.   Setelah mengisi NIM maka isikan nama teman anda pada kolom di sampingnya
e.    Save file tersebut pada Data(D) atau pada FD anda

2.    Mail Merge
a.    Open Ms.Word

b.   Buatlah desain undangan sesuai keinginan anda.
c.   Setelah itu pilihlah Maillings

d.   Pilih Starts Mail Merge
e.    Pilihlah Normal Word Documen
f.    Kemudian Select Recipients
g.    Pilih Use existing
h.   Buka tempat menyimpan data Ms. Excel yang tadi
i.     Setelah itu Klik Open
j.     Pilih Sheet 1
k.    Lalu piliah Insert Merge Field
l.     Pilih NIM atau Nama teman yang anda inginkan, namun sebelumnya arahkan pointer ke tempat nama teman anda yang akan anda undang
m.  Apabila yang keluar hanya tulisan “Nama” maka klik Preview Result
n.   Setelah itu akan muncul nama teman anda yang anda tulis pada Ms.Excel tadi
o.   Jika anda ingin mengubah nama teman yang anda ingin undang maka klik Previous Records atau Next Records

Contoh : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar